KATAJALAN

LINGKUNG SENI WISRAWA SMA NEGERI 4 PANDEGLANG

Sabtu, 17 Februari 2018

TARI RAMPAK BEDUG MENYAMBUT KEDATANGAN BAPAK PRESIDEN

Salam Seni Budaya

kalian pada tau ngga kalo orang pertama di Indonesia pernah dateng ke pandeglang loh yaiyu yang bertempatan di Desa muruy, kedatangnnya tersebut dalam rangka Silaturahmi dengan kepala desa dan Masyarakat Tani. Dan harus kalian ketahui bahwa ada penyambutan yang menyambut kedatangan Bapak Presiden Ir. H. Joko Widodo, yaitu Rampak Bedug, sebelumnya ada yang tahu apa itu Rampak Bedug berasal dari mana dan siapa penciptanya? Kita di sini bakala bahas sedikit tentang sejarah Rampak Bedug supaya kawan kawan tau sedikit tentang sejarah Rampak Bedug, menurut sumber sejarah yang ada, Rampak Bedug ini tumbuh dan banyak berkembang di daerah Pandeglang, kemudian menyebar ke daerah Banten lainnya. Bedug awalnya di gunakan masyarakat sebagai penanda datangnya waktu solat untuk umat islam. Berawal dari kreatifitas masyarakatnya, bedug di jadikan sebagai alat untuk menyemarakan bulan ramadhan, dan di mainkan secara berkelompok dan menghasilkan suara yang enak di dengar, dan dari sinilah suka di adakan pertandingan antar kampung, selain sarana berkreasi, permainan bedugtersendiri menjadi hiburan untuk masyarakat khususnya di bulan suci ramadhan.
Dan pada tahun 1950-an merupakan awal di adakannya pentas Rampak Bedug. pada waktu itu, di kecamatan Pandeglang khususnya sudah di adakan pertandingan antar kampung, sampai tahun 1960 Rampak Bedug masih merupakan hiburan rakyat, kemudian seni ini menyebar ke daerah daerah di sekitar kabupaten serang. Kemudian antar tahun 1960-1970 Haji Ilen menciptakan suatu tarian kreatif dalam seni Rampak Bedug yang berkembang saat ini dapat di katakan sebagai hasil kreasi Haji Ilen dan kemudian di kembangkan oleh berempat yaitu: Haji Ilen, Burhata, Juju, Rahmat.
Dengan demikian Haji Ilen bersama ketiga sahabatnya itulah yang dapat dikatakan sebagai tokoh seni Rampak Bedug, dari mereka berempat senu Rampak Bedug menyebar hingga akhir tahun 2002, hingga saat ini sudah banyak kelompok kelompok pemain Rampak Bedug. Nah jadi udah taukan sejarah Rampak Bedug darimana dan siapa penciptanya. Termasuk di Lingkung Seni Wisrawa ada juga pemain Rampak Bedug yang waktu ada bapak presiden menyambut dengan tarian rampak Bedug yang di dalam timnya tersebut berkolaborasi denga sekolah SMAN 3 PANDEGLANG. Mereka semua sangat bersemangat walaupun dengan keadaan cuaca yang kurang mendukung, dan penampilannyapun allhamdulillah sesuai keinginan. Acaranyapun berlangsung meriah. Semangat terus Lingkung Seni Wisrawa dan semoga bisa lebih baik ke depannya dan semoga bisa menjalani tali silaturahmi dengan sekolah sekolah lain dan juga bisa berkolaborasi lagi dengan sekolah atau sanggar lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar